Memindahkan Penyimpanan Internal Ke Kartu SD HP Xiaomi

4 Cara Memindahkan Penyimpanan Internal Ke Kartu SD HP Xiaomi

Momen paling menjengkelkan, ketika Anda ingin mengunduh aplikasi atau mengambil gambar dengan kamera tapi peringatan memori penuh selalu saja muncul. Kalau sudah begini, mengetahui cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu SD HP Xiaomi jadi solusi paling tepat.

Anda beruntung, karena di halaman ini akan dibahas beberapa cara memindahkan penyimpanan internal yang bisa Anda coba. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Memanfaatkan Menu File Manager

Cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu SD HP Xiaomi yang pertama yaitu dengan cara manual menggunakan menu file manager. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda tempuh.

  • Anda perlu membuka menu ‘File Manager’
  • Setelah halaman menu terbuka, klik ikon bergambar seperti ini ˅, kemudian lanjutkan dengan memilih ‘Penyimpanan bersama internal’
  • Step berikutnya, Anda bisa memilih file atau folder yang akan dipindahkan atau disalin ke kartu SD HP Xiaomi dengan menekan lama file hingga muncul tanda centang di sebelah kanan file.
  • Jika sudah selesai memilih, lanjut dengan meng-klik ‘Pindah’ yang muncul pada bagian bawah. Lalu lanjutkan dengan memilih ‘Kartu SD’
  • Langkah berikutnya, memilih folder tujuan yang ada di kartu SD dan terakhir klik ‘Tempel,’
  • Proses pemindahan file telah selesai.

2. Menggunakan Pemindah Aplikasi

Alternatif lain cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu SD HP Xiaomi yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi pemindah aplikasi ke kartu SD. Cara ini dijamin lebih mudah dengan tingkat keberhasilan 100%.

Cara ini juga terbilang aman karena Anda tidak perlu melakukan root HP Xiaomi. Anda bisa mengunduh aplikasi Link2SD di Google Play Store. Aplikasi ini bisa digunakan untuk memindahkan file apa saja termasuk file aplikasi ke memori eksternal.

Aplikasi ini tersedia gratis dan terdapat pula versi premium yang berbayar. Menggunakan versi premium akan menghilangkan iklan dan terdapat fitur tambahan yang tentunya sangat berguna.

Aplikasi lain yang juga bisa diandalkan untuk memindahkan file internal ke kartu SD yakni AppMgr III.

Aplikasi yang sudah didownload 50 juta kali ini bisa Anda pakai untuk memindahkan file aplikasi, mengelola serta bisa juga menyembunyikan file aplikasi.

Aplikasi ini unggul dengan kecepatannya mencopot atau memindahkan aplikasi dengan drag-n-drop. Dengan begini, penyimpanan tidak akan kepenuhan lagi.

3. Menggunakan Metode Root HP Xiaomi

Pemindahan segala jenis file ke memori eksternal HP Xiaomi tidak selalu berjalan sukses, apalagi jika file yang akan dipindahkan yaitu file aplikasi yang size-nya cukup makan tempat.

Kesuksesan pemindahan file juga ditentukan oleh kualitas kartu SD, kalau kualitas memori eksternal terjamin bagus maka proses pemindahan file jarang gagal.

Kalau Anda lebih sering menemui kegagalan saat memindahkan file, Anda bisa mencoba cara terakhir ini. Cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu SD HP Xiaomi ini mengandalkan proses root sebagai metode terakhir ketika cara yang lain tidak efektif.

Sebenarnya metode ini terbilang kurang aman dan cukup beresiko, tapi banyak yang tetap memilih cara ini karena tidak ingin menunggu lama untuk menyalin file ke memori eksternal.

Proses root memungkinkan Anda untuk mengubah sistem dari smartphone hingga mudah dalam memindahkan file. Resiko terburuk yang mungkin terjadi pada Anda yaitu sistem pada HP bisa rusak. Garansi dari HP tidak berlaku ketika smartphone sudah pernah di-root.

4. Menggunakan Penyimpanan Online

Pemindahan segala jenis selain aplikasi bisa Anda simpan di penyimpanan online. Ini menjadi cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu SD HP Xiaomi alternatif lainnya yang bisa Anda coba.

Saat Anda tidak mau repot membeli kartu SD, Anda bisa memanfaatkan penyimpanan online yang tersedia secara gratis. Memori internal Anda juga akan lebih mudah dikosongkan dengan memindahkan sejumlah file selain aplikasi secara berkala.

Caranya juga sangat mudah, tinggal upload data-data Anda ke folder yang sudah terlebih dahulu Anda buat dalam penyimpanan online. Kapasitas memori yang disediakan storage online juga cukup besar. Jadi, Anda bisa menyimpan apapun sebagai data backup

Kelebihan menggunakan penyimpanan online lainnya, Anda tidak perlu khawatir penyimpanan akan hilang seperti ketika Anda menyimpan file dalam flashdisk maupun memory card.

Selain itu, Anda dengan mudah bisa mengakses penyimpanan online kapanpun dan dimanapun selama koneksi internet bagus.

Ulasan mengenai cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu SD HP Xiaomi yang baru saja kita bahas bisa Anda coba hingga berhasil. Tentunya jika data yang mau dipindahkan sangat banyak maka proses akan memakan waktu cukup lama. Solusinya, Anda perlu memindahkan file secara berkala agar tidak menumpuk dalam storage. Sekian, semoga artikelnya bermanfaat, yah!