cara mengatasi HP Xiaomi fastboot

Cara Mengatasi HP Xiaomi Fastboot Yang Penting Anda Ketahui

Bagi Anda pemilik smartphone bermerek Xiaomi mungkin pernah dilanda kepanikan saat melihat HP melakukan fastboot saat sedang menggunakan HP. Mulai sekarang Anda tidak perlu panik lagi karena ternyata ada cara mengatasi HP Xiaomi fastboot yang bisa jadi jalan keluar terbaik.

Fastboot HP Xiaomi merupakan protokol keamanan otomatis yang disediakan Xiaomi saat HP terdeteksi mengalami error dan downgrade sistem operasi.

Baca Juga : Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Tanpa Ribet

Saat HP mengalami fastboot bukan berarti HP Anda rusak, hanya sistem perlu dipulihkan saja sehingga kondisi error bisa  teratasi. Anda bisa ikuti cara-cara berikut untuk mengatasi fastboot.

Penyebab HP Xiaomi Mengalami Fastboot

Fastboot berarti booting cepat. Ada beberapa penyebab yang kerap kali memunculkan mode fastboot pada HP Xiaomi. Beberapa diantaranya:

  1. Sistem operasi dari smartphone Xiaomi mengalami trouble atau Alhasil sistem tidak bekerja secara sempurna yang kemudian mengakibatkan mode fastboot muncul tiba-tiba.
  2. Penyebab lainnya yaitu tombol volume yang tidak sengaja tertekan saat smartphone baru saja dinyalakan dari mode non-aktif. Saat tombol volume dan tombol ON ditekan tak sengaja dalam waktu bersamaan maka sistem akan otomatis mengaktifkan mode fastboot.

Walaupun penyebabnya bisa disengaja maupun tidak sengaja tapi jika tidak dibutuhkan, mode fastboot bisa cukup mengganggu. Dan tidak banyak orang yang tahu cara menangani masalah fastboot ini.

Fastboot mode tidak hanya ada di HP Xiaomi tapi terdapat di semua HP Android, hanya saja letaknya tersembunyi.

Sebenarnya apa kegunaan fastboot mode? Ternyata ada banyak manfaatnya, diantaranya untuk mengatasi android bootloop, android brick, android freeze, serta untuk keperluan flash HP android.

Dibalik kegunaannya yang banyak, fastboot mode Xiaomi terkadang mengganggu dan menjadi masalah saat tiba-tiba muncul di tampilan HP yang menyebabkan HP untuk sementara tidak bisa digunakan. Untuk itulah Anda perlu mengetahui cara mengatasi fastboot HP.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Fastboot

Ada masalah tentu ada solusinya, jika HP Xiaomi mengalami fastboot maka terdapat beberapa cara untuk mengatasinya, diantaranya:

1. Tekan Lama Tombol Power

Cara mengatasi HP Xiaomi fastboot yang pertama yaitu dengan memanfaatkan tombol power atau tombol ON. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Saat HP Xiaomi Anda mengalami fastboot maka Anda bisa langsung menekan tombol power/on sekitar 8 hingga 10 detik.
  2. Tindakan ini akan membuat HP akan mati.
  3. Langkah terakhir, silahkan mengaktifkan kembali HP Anda dan proses fastboot akan hilang seketika.

2. Lepaskan Baterai HP

Bagi Anda pemilik HP Xiaomi model lama yang tidak menggunakan baterai tanam bisa melakukan langkah ini. Cara mengatasi HP Xiaomi fastboot ini sangat mudah. Jadi ketika mode fastboot tiba-tiba muncul di HP Anda, maka segera lepaskan baterai di bagian belakang HP.

Jika baterai dilepas tentunya smartphone Anda akan langsung down atau mati. Proses fastboot Xiaomi juga akan langsung berhenti sesaat setelah Anda melepaskan baterai smartphone.

Selanjutnya, Anda bisa memasang baterai kembali dan mengaktifkan sistem HP. Dengan begitu, sistem HP akan pulih secara otomatis tanpa melalui proses fastboot lagi.

Untuk Anda yang sudah menggunakan HP Xiaomi baterai tanam, maka cara ini tidak disarankan terutama bagi Anda yang pemula yang tidak biasa membuka baterai tanam HP.

3. Menggunakan Tekan Tombol Power + Volume

Cara mengatasi HP Xiaomi fastboot lainnya yaitu dengan menggunakan tekan tombol power + volume. Prosedurnya sebagai berikut:

  1. Ketika tampilan HP Xiaomi Anda memunculkan mode fastboot tekan bersama tombol power + volume bawah. Bisa juga dengan menekan bersamaan tombol power + volume bawah + volume atas.
  2. Kemudian tunggu hingga HP menjalankan operasi Saat logo MI muncul maka Anda bisa melepaskan tombol
  3. Biarkan proses berjalan hingga HP selesai loading Sampai sini, mode fastboot tentunya sudah tidak aktif lagi dan HP siap digunakan kembali seperti biasa.

4. Lakukan Prosedur CMD

Alternatif lain cara mengatasi HP Xiaomi fastboot yaitu dengan menggunakan prosedur Command Prompt (CMD) melalui komputer atau laptop. Cara ini dipercaya lebih aman dan ampuh untuk mengatasi fastboot HP. Untuk download kumpulan aplikasi kunjungi situs makelightstudios.

Sebelum melakukan cara ini, Anda perlu memastikan di komputer sudah memiliki data Driver ADB Fastboot. Berikut prosedurnya:

  1. Pada file ADB Fastboot klik kanan dan pilih Extract Here.
  2. Silahkan masuk ke folder
  3. Langkah berikutnya, Anda bisa menghubungkan HP Xiaomi yang mengalami mode fastboot menggunakan kabel USB atau kabel data.
  4. Lanjutkan dengan klik kanan pada folder ADB Fastboot dan tekan Open Command Windows Here.
  5. Setelah Command Prompt muncul, lanjutkan dengan mengetik Fastboot Devices dan tekan
  6. Langkah berikutnya ketikkan Fastboot Reboot dan tekan Enter.
  7. Sisanya tinggal menunggu proses restart HP Xiaomi selesai.

Cara mengatasi HP Xiaomi fastboot tidak sulit, bukan? Saat mengetahui solusinya, Anda tidak perlu takut lagi ketika mode fastboot mengganggu aktivitas mobile phone Anda.